Monday, March 9, 2020

Semua tentang kopi

Kalau korang tengok kat blog aku ni, segala-galanya tentang kopi kan. haha
sampai background pun kopi. 'quote' pun kopi. hehe.

yeke aku peminat kopi?

ye, aku ada bukti dia, aku ada tulis dalam post aku dulu-dulu. hehehe...

tahun 2014



Dulu, ada yang ngata aku, katanya aku ni macam orang tua, suka kopi, tup2 aku tengok orang tu dah jadi penggila kopi jugak. hahaha.

Tulaa.. jangan mengata orang sangat kan dah berbalik pada diri sendiri. Hahaha

Aku pun tak tau la sejak bila nya aku jatuh cimta kat kopi ni. Tapi yang penting, tau-tau je minat kopi. Hehehe.. Semua segala tentang kopi la aku suka. Hehe. Tapi pewangi kereta bau kopi aku kureng sikit sebab bau jadi tak sedap. Hee

Suka bukan sebarang suka, dalam suka-suka tu, kopi ni ada juga baiknya tau. Jom kita tengok sikit faktanya. Heheh

Fakta Menarik Tentang Kopi
Biji kopi yang kita kenal berawal dari buah ceri yang telah diproses

Kopi yang Diseduh Mengandung Lebih Banyak Kafein
Kopi seduh atau yang dikenal sebagai brew coffee ternyata memiliki kandungan kafein yang lebih banyak dibanding dengan kopi espresso yang pekat loh.

USDA melaporkan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi seduh atau brew coffee mengandung 95 miligram kafein. Sedangkan kopi espresso hanya mengandung 64 miligram kafein didalamnya.

Banyaknya Kafein Tergantung Dari Ringannya Pemanggangan
Disebutkan sebagai aturan umum, semakin ringan biji kopi maka semakin banyak kafein yang di dalamnya. Ringan di sini maksudnya adalah proses roasting, pemanggangan biji kopi. Light roasting biasanya akan membuat peminum kopi tersebut bisa terjaga hingga pagi hari.

Hati-hati Overdosis Kopi
Kelebihan minum kopi, apakah berbahaya? Secara umum memang segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Memang overdosis karena kopi sangat jarang terdengar, namun tidak berarti tidak bisa.

Menurut ulasan medis pada 2018 silam, sebagian besar kematian memang bukan dari minuman. Namun FDA menyarankan untuk minum 400 miligram kafein per hari sebagai batas paling banyak agar tetap aman, atau estimasinya sekitar empat cangkir brewed coffee.

Lebih dari ini, migrain, peningkatan denyut jantung, otot kejang, mual hingga disforia akan muncul. Terlebih lagi dalam efek yang lebih serius akan menyebabkan kejang dan halusinasi apabila mengkonsumsi 1200 mg kafein atau lebih.

Orang-Orang Terkenal, dan Kebiasaannya Minum Kopi
Penulis dan pemikir terkenal Voltaire, dilaporkan meminum sekitar 40 hingga 50 cangkir campuran cokelat-kopi setiap harinya. Demikian pula dengan mantan presiden Amerika, Theodore Roosevelt yang diduga meminum satu galon kopi per hari dan meninggal pada usia 60 setelah ada gumpalan darah berpindah dari kakinya ke paru-parunya.

Sedangkan musisi legendaris, Beethoven punya kebiasaan menggunakan 60 biji kopi yang dihitung dengan tepat untuk setiap secangkir kopi yang ia minum tidak lebih, tidak kurang. Demikian seperti dilansir Thedailymeal. Nah apakah kamu termasuk salah satunya?

Kopi Menghantar Brazil Masuk Olimpiade
Di Olimpiade 1932, Brazil saat itu kekurangan pendanaan untuk mengirimkan 62 atlet terbaiknya untuk berlaga di Summer Olympiade di Los Angeles, USA.

Namun berkat pengiriman 50.000 karung kopi di kapal yang dijual di sepanjang pelabuhan, akhirnya Brazil mampu mengirimkan wakilnya ke Olimpiade.

Sumber : Pak Tani Digital

No comments: